Menulis artikel secara konsisten bagi yang tidak terbiasa menulis bisa menjadi masalah tersendiri. Tapi jika Anda terlanjur menjadi seorang blogger, membiasakan diri untuk memposting artikel secara rutin memang sebaiknya Anda pilih.

Beberapa manfaat dari memposting artikel secara rutin adalah memperbesar potensi pengunjung baru menjadi pegunjung setia blog Anda, melatih kemampuan menulis dalam tekanan. Selain itu, pertumbuhan dan perkembangan blog akan baik dalam jangka panjang. Kenapa?

Karena biasanya banyak blogger yang bisa memposting banyak sekali artikel dalam sekali waktu, tapi dilain waktu tidak memposting artikel sama sekali. Ini tentu menunjukan bahwa blog tersebut tidak profesional.

Pengunjung akan malas berkunjung lagi, dan si blogger juga biasanya akan semakin malas mengurusi blog. Akhirnya blog wafat pelan-pelan. Terlebih lagi jika blog tersebut berbayar, biasanya jika tidak ada uang masuk, akan malas juga memperpanjang masa aktif hosting. Sudah bisa di pastikan bahwa blog tersebut hilang dari peredaran.

Karena masih banyak yang suka bingung mau nulis apa untuk artikel besok, maka 10 ide untuk menulis artikel di bawah ini saya yakin akan membuat Anda lebih mudah dalam menulis:

1. Masalah vs Solusi

Ciptakan sebuah masalah, lalu eksekusi dengan sebuah solusi ala Anda sendiri. Jika Anda sudah memiliki produk yang bisa dijual, Anda juga bisa memunculkan masalah yang dapat diselesaikan oleh produk Anda.

Ini merupakan artikel marketing yang jitu. Tapi meskipun demikian, Anda harus kreatif meramunya jangan sampai membuat orang yang membacanya malah hilang minat dan gak mau tahu.

Sebagai contoh, blog Anda seputar pakaian. Anda memunculkan masalah yaitu pakaian yang sulit disetrika dan mudah kusut. Anda bisa beri solusi dengan tips cara menjemur atau memeras pakaian saat di cuci, cara menyetrika yang benar, memberikan saran produk pelicin, bahkan memberi tips memilih kain yang memang mudah disetrika dan tidak mudah kusut.

Bisa saja produk yang Anda jual adalah baju yang salah satu variannya memang memiliki serat kain yang mudah licin saat disetrika. Ini tentu menjadi solusi bagi orang yang selalu ingin tampil rapi dengan pakaian yang dipakai.

2. Jawab pertanyaan konsumen

Seringkali dalam komentar sebuah postingan ada pertanyaan dari pengunjung. Pengunjung bisa jadi merupakan konsumen atau orang yang sudah membeli produk Anda atau bisa juga orang yang baru berniat order. Anda bisa menjawab pertanyaan tersebut dalam sebuah postingan artikel baru.

Keuntungannya adalah yang pertama, Anda memiliki ide untuk menulis artikel, lalu yang kedua pertanyaan pengunjung terselesaikan. Ini kaitannya tentu dengan rasa puas mereka terhadap respon yang Anda lakukan. Dengan menjawab pertanyaan di komentar blog, tentu juga akan membuat pengunjung lain lebih semangat berkomentar karena mereka tahu bahwa Anda sebagai pemilik blog betul-betul membaca komentar mereka.

Alhasil, blog Anda akan ramai dengan komentar. Manfaat lain adalah Anda akan tahu apa masalah dan kesulitan mereka, sehingga Anda dapat melakukan banyak terobosan dan inovasi untuk memperbaiki produk atau meningkatkan penjualan.

3. Studi kasus

Artikel tentang studi kasus ini peminatnya sangat banyak. Biasanya orang jauh lebih percaya kepada sesuatu sesuatu ketika hal itu disertai bukti atau orang lain mencobanya terlebih dahulu. Jadi artikel seperti ini sangat dicari dan diminati.

Misalnya produk Anda adalah handphone. Anda bisa menggunakan langsung salah satu handphone yang Anda jual. Setelah menggunakannya secara pribadi, Anda  bisa lakukan review secara jujur.

Sebagai contoh hasil kamera, Anda bisa memotret diri Anda bandingkan dengan pencahayaan berbeda atau bisa juga bandingkan dengan merk handphone lain dan sebagainya. Begitu juga dengan fitur-fitur lain. 

4. True story kisah sukses

Anda bisa berbagi kisah atau cerita tentang perjalanan bisnis Anda misalnya dari nol hingga berhasil. Artikel seperti ini juga menarik minat pembaca karena bisa menjadikan sebagai inspirasi dan motivasi diri. Orang akan sangat tertaik dengan dapur atau rahasia semacam ini.

Misalnya bagaimana Anda menggunakan modal Rp 500.000 untuk menghasilkan omset sebesar 80 juta per bulan, bagaimana Anda bisa membuat kartu kredit dengan mudah tanpa sedikitpun masalah dan sebagainya.

Cerita nyata tentang diri Anda atau perusahaan Anda seperti ini juga akan bermanfaat dalam membangun ikatan dengan calon konsumen. Saya ingat, saya pernah melihat video seputar perusahaan pocari sweat yang diawal-awal merintis banyak mengalami kegagalan baik dalam riset maupun pemasaran, kemudian saat ini sukses dan bisa bersaing dengan baik di pasaran.

Saya setiap kali melihat minuman kemasa tersebut, pasti saya ingat video yang saya tonton. Saya tahu bagaimana manfaatnya, bagaimana usaha perintisnya meyakinkan orang banyak akan kandungan sehat minuman tersebut dan lain-lain. Jadi ada kedekatan secara emosional.

5. Tutorial (panduan cara)

Banyak orang mengunjungi internet untuk mencari panduan tentang cara untuk segala hal. Buatlah artikel tutorial yang menunjukan cara melakukan sebuah hal yang berkaitan dengan produk Anda.

Anda bisa menyertakan gambar di setiap langkah yang Anda tunjukan, atau bisa juga dalam bentuk video.

Misalnya produk yang Anda jual adalah sepatu, Anda bisa membuat video tutorial bagaimana membuat ikatan atau anyaman tali sepatu yang unik dan kreatif.

Contoh lain jika produk Anda adalah produk kesehatan untuk menurunkan berat badan, maka Anda bisa membuat video tutoral seputar gerakan olahraga yang disarankan dan menunjang keberhasilan program diet.

Intinya saat ini setiap orang ketika mencari panduan melakukan sesuatu, biasanya mereka akan langsung mengunjungi mesin pencari lalu menelusuri blog yang memberikan pembahasan terbaik.

6. Berita hot

Anda bisa menyambungkan tema blog Anda dengan hal yang sedang ngetren atau jadi perbincangan banyak orang. Contohnya blog Anda adalah blog seputar fashion, lalu yang sedang hot adalah pesta sepak bola, maka Anda bisa membuat artikel yang membahas tentang fashion dalam persepak bola.

Anda bisa menyoroti cara berpakaian dan gaya penampilan pelatih atau pemain, membuat tips penampilan sebelum nonton bola, dan sebagainya. Strategi ini memliki banyak manfaat diantaranya pengunjung akan menilai bahwa blog Anda memang betul-betul manusiawi dan update.

Manfaat lain adalah pencarian di mesin pencari mengenai kata kunci hal yang sedang ngetren akan sangat besar jadi akan sangat disayangkan jika Anda tidak ikut menikmati manisnya traffic yang menggludak tersebut. Tapi ingat, lakukan secara kreatif, jangan sampai jadi gak nyambung dengan blog Anda.

7. Perbandingan

Bandingkan dua hal atau lebih yang bobotnya sama. Ulaslah kekurangan dan kelebihannya secara detil lalu biarkan pembaca yang akan menentukan pilihan. Artikel semacam ini akan memberikan pembaca gambaran yang jelas mengenai apa kekuatan dan kelemahan produk yang mereka incar tersebut.

Sebagai contoh Anda menjual smartphone, Anda bisa bandingan dua tau tiga handphone yang memiliki harga di level yang sama. Anda bisa lakukan ulasan mengenai fitur apa yang dimiliki masing-masing handphone tersebut.

8. Prediksi

Orang-orang cendrung menyukai hal yang masih menjadi misteri dan belum ada kejelasan. Tampilah sebagai peramal. Tentu saja bukan peramal seperti dukun, tapi jadilah peramal yang ilmiah dalam bidang Anda. Gunakan ilmu dan kemampuan Anda untuk menganalisis apa yang yang sedang terjadi, lalu lakukan prediksi trend seperti apa yang akan terjadi di waktu yang mendatang.

Ini tentu saja akan sangat menarik. Ingat jangan ngawur, satu dua kali ramalan Anda meleset mungkin orang akan maklum, tapi jika selalu meleset, mereka akan mengira Anda orang yang tidak penting untuk mereka dengarkan.

9. Tips dan trik rahasia

Setiap orang membutuhkan saran dan masukan. Apa lagi jika mendapatkannya dengan cara cuma-cuma atau gratis. Buatlah artikel seputar tips dan trik syukur-syukur bersifat rahasia dan tidak pasaran.

Dijamin banyak yang akan suka dan rela antri membaca artikel Anda. Tapi Anda juga perlu memilah milih serta mempertimbangkan agar trik yang Anda bongkar tidak merugikan suatu pihak.

10. Testimoni

Testimonial atau kesaksian juga bisa Anda kembangkan menjadi sebuah artikel untuk di posting dalam blog. Selain akan meningkatkan kepercayaan calon konsumen juga baik untuk variasi jenis artikel. Kumpulkan beberapa testimoni dari orang yang berbeda, susun dan olahlah menjadi artikel yang menyatu.

tanda tangan riyan putra