Tidak sulit untuk membuat video marketing tapi bukan berarti bisa dibuat dengan asal-asalan.

Disamping Anda harus menerapkan strategi yang tepat dalam memilih materi video, Anda juga harus memperhatikan hal-hal sepele tapi penting karena jika Anda abaikan bisa membuat video kehilangan kekuatan.

Berikut adalah beberapa hal sederhana yang dapat membuat video Anda tampil lebih maksimal dan jika diabaikan justru akan menghancurkan:

1# Kualitas Suara dan Gambar

Saya sering menemukan video yang menarik dari segi isi atau materinya tapi sayangnya memiliki suara pemandu sangat kecil atau kadang-kadang juga suara bising dari sekitar yang tidak seharusnya ada dan ikut terekam.

Ini menurut saya sangat mengganggu dan jujur saja menurunkan kekaguman dan ketertarikan saya terhadap video dan pembuatnya.

Selain masalah audio contoh lain juga tidak kalah penting adalah kualitas gambar.

Jika kedua hal ini buruk (audio dan gambar) penonton akan kecewa dan respon paling masuk akal di otak mereka adalah tentang ketidakprofesionalan Anda dalam membuat video.

2# Keterangan Singkat

Jika Anda berbicara dengan kalimat yang penting maka untuk memperjelas kata tertentu Anda bisa menyisipkan teks atau bahkan gambar dalam video Anda.

Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman penonton.

Misalnya dalam tutorial photoshop Anda berkata “CTRL T” maka akan lebih bagus jika “CTRL T” juga Anda tuliskan dalam bentuk teks.

Dalam video tertentu saya bahkan menikmati kemunculan keterangan-keterangan semacam ini dalam sebuah video.

Semuanya tampak menarik terlebih jika menggunakan efek tertentu dalam kemunculannya.

3# Penampilan Anda dan Background Video

Ini berlaku jika Anda menampilkan wajah dan tubuh Anda dalam video. Anda harus memperhitungkan dengan detil pakaian yang Anda pakai, aksesoris yang Anda kenakan, make up di wajah Anda, mimik muka, arah pandangan mata dan sebagainya.

Selain semua yang menempel di tubuh Anda, juga jangan lupakan area sekitar tempat Anda direkam yang akan menjadi background video. Misalnya ruangan kantor, cafe, kamar tidur atau apapun harus sesuai dengan tujuan video Anda. Pastikan tidak ada satu komponen pun benda yang dapat menghancurkan tujuan video Anda.

Sebagai contoh video menampilkan zoom in wajah Anda ketika Anda berbicara hal penting dengan intonasi dan mimik muka yang sempurna tapi bisa hancur karena ada sisa makanan yang menempel di gigi Anda secara tidak sengaja.

Contoh lain Anda membuat video liputan tentang bisnis Anda dimana salah satu backgroundnya adalah ruang kerja Anda. Mendapat kesan elegan adalah salah satu yang Anda target tapi bisa hancur karena ada satu benda atau barang yang mungkin milik anak atau istri Anda tidak sengaja ikut terekam.

Jadi jangan segan untuk memeriksa ulang semua yang terlibat dalam tampilan video Anda sebelum menyesal karena harus mengulang pembuatan video dari awal.

4# Backsound Video

Backsound video secara umum adalah berupa musik. Banyak orang yang tidak terlalu peduli dengan hal ini. Kebanyakan dari mereka berpendapat bahwa musik apapun akan cocok dan menarik untuk sebuah video.

Tentu saja tidak seperti itu kenyataannya. Musik backsound tidak hanya untuk menghibur telinga tapi juga harus memperkuat tampilan visual dalam video.

Jadi salah dalam memasukan backsound pada video maka yang terjadi adalah video menjadi kurang powerfull bahkan lebih parah video akan terasa aneh dan sulit untuk nyaman dinikmati.

Itu adalah beberapa contoh betapa hal-hal kecil dapat berpengaruh besar dalam video Anda.

tanda tangan riyan putra