Untuk mengolah dan menghasilkan video yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan, Anda akan membutuhkan bantuan software editing video.

Berikut adalah berberapa software editing video yang bagus dan layak Anda pilih:

1# Adobe Premiere Pro CC

Adobe Premiere Pro merupakan software editing video profesional yang paling popular dan menduduki peringkat pertama dari segi jumlah penggunanya di seluruh dunia.

Software ini digunakan oleh editor-editor kelas atas dari perusahaan pembuatan film dan sinetron, broadcasting, rumah produksi dan studio pertelevisian.

Kemampuan software yang tidak diragukan lagi dengan segudang fitur-fitur keren dan mengagumkan membuat para editor video atau film jatuh cinta dan memilih software ini untuk dijadikan senjata utama mereka.

Adobe System sebelumnya menghadirkan versi Adobe Premiere Pro C3, C4, C5, hingga C6 sampai akhirnya mengeluarkan Adobe Premiere Pro CC sebagai versi terbaru dan penerus Adobe Premiere.

Adobe Premiere Pro CC berjalan secara maksimal di sistem 64 bit. Software ini juga sudah dilengkapi dengan kemampuan multi prosesor sehingga proses rendering video menjadi lebih cepat.

2# Final Cut Pro

Final Cut Pro merupakan software editing video profesional yang ditujukan bagi perangkat Apple atau Macintosh. Awalnya dikembangkan oleh perusahaan Macromedia Inc kemudian dilanjutkan oleh perusahaan Apple Inc.

Final Cut Pro hanya dapat berjalan pada PC (Personal Computer) Macintosh buatan Apple yang bersistem operasi Mac OS X versi 10.5.6 atau yang lebih baru.

Kemampuan software ini yang sangat powerfull sehingga tidak mengherankan jika selalu berada di urutan atas dalam persaingan mesin editor video.

Salah satu keunggulannya adalah bekerja degan sangat responsif dan stabil terlebih karena berjalan dalam Mac OS buatan Apple.

Kualitasnya dibuktikan dengan fakta bahwa beberapa film besar menggunakan software ini dalam pengeditan videonya.

Software ini mampu menjalankan 3 (tiga) streaming video 4K sekaligus, memproses efek secara real time, dan bahkan mengedit klip multikamera 4K, kapabilitas pengeditan video super handal dengan proses render yang ultra cepat.

Tampilannya mirip dengan Adobe Preimere jadi bagi yang terbiasa menggunakan Adobe Premiere tidak akan kesulitan menggunakan Final Cut Pro. Mengenai harga Final Cut Pro relatif murah dibandingkan software lain dengan kemampuan yang sama.

3# Windows Movie Maker

Diperkenalkan tahun 2000, WMM menjadi populer hingga saat ini. Selain karena mudah digunakan oleh seorang pemula sekalipun, software ini merupakan aplikasi bawaan windows yang dapat dinikmati secara gratis.

Fitur dan kemampuan software ini terbilang lengkap dan menarik. Anda tidak akan kesulitan dalam menambahkan effect, video transitions, titles/credits, audio track, timeline narration, dan sebagainya.

Anda dapat mengedit video dengan cepat karena bisa drag dan drop. Dan yang lebih kerennya lagi software ini mendukung resolusi 1080p.

Saya sendiri mengenal software ini pertama kali adalah ketika menyelesaikan beberapa film pendek yang menjadi tugas sekolah dan sempat dilombakan pada waktu SMA.

4# Lightworks

Apabila Anda menginginkan sebuah software editing video gratis alias tanpa biaya tapi memiliki tingkat kerumitan yang serius, maka Lightworks adalah pilihan yang tepat.

Software yang dibangun sejak tahun 1989 ini telah digunakan untuk mengedit film-film populer pada masanya. Fitur-fitur editor professional seperti menampilkan berbagai macam efek, multicam editing, akan Anda temui di software ini hanya saja mungkin cukup membingungkan bagi pengguna awam.

Untuk versi gratisnya Anda hanya diijinkan mendapatkan resolusi 720p. Namun, tetap saja, jika Anda ingin belajar video editing secara profesional, software ini wajib Anda cicipi.

5# Camtasia Studio 8

Camtasia Studio merupakan salah satu software multimedia yang sering digunakan untuk membuat video, baik untuk editing film ataupun video tutorial.

Camtasia dapat digunakan dalam dua sistem operasi populer yaitu Windows dan Mac OS.
Kemampuan utama yang sangat popular dan diakui kehandalannya adalah recording screen atau merekam aktivitas layar komputer. Oleh sebab itu software ini selalu menjadi pilihan bagi para pembuat tutorial dan CD interaktif.

Kemampuan lain dari Camtasia adalah mampu merekam melalui kamera komputer/webcam. Uniknya file size hasil recording Camtasia relatif lebih kecil.

Untuk urusan mengedit video, Camtasia memiliki fitur yang lengkap sehingga penggunanya cukup leluasa dalam bereksperimen menciptkan video menarik.

Camtasia memiliki fitur impor video, gambar (foto), dan audio. Selain itu Camtasia juga support multi layer, video kualitas HD, animasi motion, visual effect, interaktif quiz dan sebagainya.

Itulah 5 software yang bisa Anda gunakan untuk meringankan pekerjaan Anda dalam megolah video.

tanda tangan riyan putra