7 Peran Menakjubkan Gratis Facebook untuk Bisnis Anda

Bisnis Online Facebook adalah sebuah istilah yang saya pakai untuk menyebut bidang usaha online yang sebagian besar kegiatan pemasarannya menggunakan Facebook.

Bisnis Online Facebook banyak ditekuni baik secara profesional oleh seorang internet marketer senior atau secara amatiran oleh orang-orang yang baru belajar bisnis online.

Awalnya banyak orang yang menyepelekan fungsi Facebook sebagai alat marketing yang handal. Sebagian orang terutama di Indonesia hanya menggunakan Facebook ala kadarnya saja yaitu sebatas untuk media hiburan semata.

Bisnis Online Facebook dianggap mengada-ada dan merusak fungsi Facebook secara murni. Ini tentu saja sangat keliru karena pemilik Facebook sendiri saat ini berhasil kaya raya dengan menerima berbagai peluang kerjasama bisnis dengan para pihak ketiga dan terus berusaha mengembangkan segala hal yang mungkin untuk memperbesar keuntungan bisnisnya.

Berikut ini akan saya paparkan tujuh hal kemudahan yang didapatkan dari Facebook untuk bisnis Anda.

Satu: Gratis membuat jaringan

Dengan Facebook Anda bisa bergabung atau bahkan membuat sendiri komunitas atau kumpulan orang dengan satu hobi dan ketertarikan tertentu dengan sangat mudah.

Dalam bisnis, mendapatkan target market yang jelas dari produk yang dijual adalah sangat penting agar pemasaran Anda tidak sia-sia dan cepat menghasilkan penjualan.

Membuat jaringan semacam ini di dunia offline akan sangat merepotkan karena harus selalu membuat event dan jenis perawatan lain yang tidak mudah. Dan yang pasti akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Tetapi dengan Facebook, Anda mendapatkannya dengan biaya nol rupiah alias GRATIS dan jumlah orang yang bergabungpun kemungkinannya jauh lebih banyak dibanding komunitas offline.

Dua: Gratis media komunikasi

Kesuksesan bisnis tidak terlepas dari kepuasan pelanggan terhadap pelayanan. Anda bisa saja menggunakan media komunikasi seperti email, no tlp, handphone, instan mesengger, bahkan membuka kantor pelayanan offline.

Tapi ingat semua itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, bahkan akan menjadi sebuah dilema jika bisnis Anda belum terlalu besar dimana semua itu penting tidak penting dan sejujurnya mungkin hal tersebut belum terlalau dibutuhkan.

Tapi dengan Facebook lagi-lagi Anda bisa melakukannya dengan gratis. Anda bisa berkomunikasi secara personal lewat pesan langsung ke akun-akun mereka, menggunakan fasilitas chat, atau juga bisa langsung menulis status dan dilihat oleh mereka.

Tiga: Gratis biaya promosi

Hal paling pokok dalam bisnis adalah penawaran. Dan penawaran selalu terkait dengan promosi. Promosi yang besar seringkali memboroskan biaya yang tak jarang jika tidak menguasai tekniknya hanya akan membuat dana tebuang percuma dan membuat Anda merugi berkepanjangan.

Tapi dengan Facebook Anda bisa sekaligus berpromosi dengan gratis.

Ya memang Facebook menawarkan periklanan berbayar, tapi jika Anda kreatif, menggunakan trik promosi sederhana yang halus di postingan-postingan status pun bisa menghasilkan penjualan yang fantastis. Y

ang perlu Anda kuasai hanyalah ilmu menempatkan diri Anda secara psikis sebagai calon pembaca postingan Anda.

Empat: Gratis biaya sewa tempat

Berapa biaya sewa sebuah toko atau kios di sebuah mall atau tempat strategis? Sangat mahal.

Itu pun tidak menjamin kesuksesan usaha Anda jika Anda tidak memenuhi syarat kesuksesan bisnis yang lain.

Membuat toko online jauh lebih murah yaitu hanya membutuhkan kisaran ratusan ribu setiap tahunnya.

Tapi yang lebih spektakuler lagi adalah Anda bisa berjualan secara langsung di Fanspage Facebook dan tentu saja Anda mendapatkannya secara gratis dan ini tidak terkait dengan strategis atau tidaknya lokasi karena dalam dunia online, strategis bisa dibuat oleh kita sendiri yaitu dengan memperbanyak link menuju toko kita.

Lima: Gratis biaya pencitraan

Banyak pengusaha yang rela mengeluarkan banyak uang untuk membangun citra positif dan dapat menarik pelanggan.

Tapi dalam Facebook Anda bisa membuat pencitraan diri Anda atau produk Anda sesuai keinginan Anda secara gratis.

Bagaimana caranya? Tentu saja dengan memperhitungkan tampilan Fanspage Anda, menghiasnya sesuai dengan efek yang Anda inginkan.

Gambar yang ditampilkan, status yang diposting dan semuanya bisa Anda atur sesuai image yang diinginkan di mata pelanggan. Ini tidak mudah dilakukan dalam dunia offline tapi sekali lagi ini bisa dilakukan oleh Facebook dengan mudah dan gratis.

Enam: Gratis biaya viral marketing

Viral marketing maksudnya adalah bagaimana membuat seseorang yang melihat atau membeli produk kita dapat menyebarkannya kepada orang lain.

Tanpa kita minta, tanpa kita bayar dan yang jelas rekomendasi dari orang secara alami seperti itu jauh lebih efektif dibandingkan dengan kita sengaja membayar sebuah periklanan.

Bagaimana contoh viral yang bisa terjadi dalam Facebok?

Misalnya Anda memposting sebuah gambar unik di Fanspage Anda lalu dilihat oleh para liker Anda, mereka yang tertarik biasanya akan memberikan like dan tak jarang yang membagikannya di kronologi mereka.

Akhirnya teman-teman mereka pun akan melihat dan membuka Fanspage Anda.

Bayangkan jika yang melakukan seperti itu sangat banyak, bukankah yang membuka Fanspage Anda pun akan sangat banyak? Dengan demikian potensi terjadi penjualanpun akan sangat besar.

Tujuh: Gratis biaya up to date

Sebagian orang terutama anak muda akan mudah menyisihkan sebuah perusahaan yang dianggap tidak up date dalam hal teknologi.

Oleh sebab itu Anda bisa lihat bahwa banyak sekali perusahaan-perusahaan atau bahkan sebuah acara di televisi mempunyai akun Facebook tersendiri.

Itu karena Facebook memang dinilai penting untuk membangun anggapan bahwa perusahaan atau produk mereka tidaklah ketinggalan zaman dan peka terhadap teknologi masa kini.

Saya rasa kalaupun membuat akun Facebook itu berbayar, perusahaan-perusahaan itu akan tetap membuatnya karena sangat pentingnya akun Facebook ini, terlebih lagi bahwa akun Facebook bisa dibuat dengan tidak ada batasan dalam jumlah dan selamanya tetap gratis.

Itulah tujuh kelebihan Facebook yang bisa membuat usaha Anda sukses tujuh kali lipat.

Tidak peduli bisnis yang Anda jalani adalah sisitem offline dan hanya memadukannya dengan online atau bisnis Anda mutlak di online, Facebook sangat penting untuk bisnis Anda.

Tapi terlepas dari itu semua tantu saja potensi dan kelebihan luar biasa ini akan bisa menunjang bisnis Anda jika Anda manfaatkanlah dengan benar dan kreatif.

tanda tangan riyan putra

1 Comment

  1. Facebook sekarang makin booming ya dan banyak banget dipakai pebisnis bahkan perusahaan besar sebagai sarana promosi nya. Nah, mas bisa share gak sih tentang rahasia facebook ads yang dipakai para internet marketer..
    I am waiting your article..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*