Artikel marketing adalah salah satu metode pemasaran menggunakan artikel. Salah satu tempat yang bisa digunakan untuk mempublikasikan artikel adalah blog. Menulis artikel dipercaya merupakan cara terbaik dalam pemasaran online.

Kenapa?

Karena biayanya murah bahkan bisa gratis tapi bisa tersimpan selamanya di dunia maya selama blog yang bersangkutan aktif atau tidak terhapus.

Yang menjadi masalah adalah tidak semua orang pandai dan percaya diri untuk menulis. Bahkan banyak orang menganggap menulis adalah pekerjaan sakral yang bisa membuat mereka demam tiba-tiba atau bahkan bengong seperti kehilangan nyawa dalam jangka waktu tertentu. Ini tentu berbahaya terlebih jika orang tersebut seorang pemasar online.

Hal yang perlu diingat adalah orang yang saat ini master menulis tentu saja juga berawal dari tidak bisa menulis.

Secara umum orang-orang yang mahir menulis adalah mereka yang rajin membaca. Dengan menjumpai berbagai gaya tulisan dan pengetahuan baru maka otak mereka akan menjadi kreatif dan berkembang serta memiliki banyak pembendaharaan kata sehingga seringkali secara tidak sadar mereka menjadi lebih sering menulis.

Jika proses ‘iseng menulis’ tersebut berlanjut maka jangan heran jika dengan cepat mereka akan menjadi penulis yang mahir juga.

Kembali ke masalah artikel marketing, menulis artikel marketing agar hasilnya sesuai harapan maka pengerjaannya pun tak bisa sembarangan. Berikut beberapa tips penting yang sayang untuk Anda lewatkan.

 1. Judul

Buatlah judul yang membuat siapapun yang membacanya dalam 3 detik merasa tertarik dan ingin membaca lebih lanjut isi artikelnya.

Judul adalah ujung tombak artikel Anda. Ketika judul Anda gagal memunculkan rasa penasaran pada orang yang membacanya maka tidak ada gunanya lagi Anda mempersiapkan banyak kejutan pada isi artikel Anda.

Peran judul disini sangat vital. Tapi meskipun judul harus berhasil menarik perhatian pembaca, jangan tergoda untuk membuat judul yang heboh tapi tidak sesuai dengan isi artikel Anda. Efek yang paling masuk akal adalah pembaca akan merasa kecewa dan kapok membca artikel Anda.

Setiap judul harus bisa Anda prtanggungjawabkan dalam isi artikelnya. Jadi kesimpulannya buatlah judul yang menakjubkan tapi buatlah juga isi artikel yang lebih menakjubkan.

Dengan demikian pembaca akan tertarik membaca diawal dan akhirnya merasa puas setelah membaca keseluruhan artikelnya.

 2. Tema

Tema artikel (dalam artikel marketing) yang Anda tulis tentu harus disesuaikan dengan produk yang Anda jual. Tapi yang jelas, tema Anda harus benar-benar menarik atau jika tema Anda terlalu umum dan sama sekali tidak unik maka tugas Anda adalah membuatnya unik dan berbeda dibandingkan dengan artikel yang lain.

Satu hal lagi yang perlu Anda ingat, jangan pernah membuat artikel kosong tanpa manfaat didalamnya.

Orang membaca artikel untuk mendapatkan informasi dan solusi dari setiap permasalahan yang mereka hadapi maka artikel Anda haruslah menjawab kebutuhan mereka. Dengan kata lain, artikel Anda wajib berbobot.

Cara agar artikel Anda berbobot adalah munculkan sebuah masalah lalu eksekusi dengan solusi yang bisa Anda pertanggungjawabkan. Kuncinya adalah Anda harus menguasai materi atau tema artikel yang sedang Anda tulis. 

 3. Gaya bahasa

Tentu saja karena ini kaitannya dengan artikel marketing maka gaya bahasa ini harus Anda sesuaikan dengan karakteristik pembaca yang merupakan target market Anda.

Jika kalangan atas dan terpelajar yang Anda bidik, maka gaya bahasa artikel Anda haruslah sesuai untuk dibaca orang-orang kelas atas tersebut.

Tapi secara umum gaya bahasa yang disenangi banyak orang adalah gaya bahasa yang mengalir dan tidak membuat mereka bingung. Gaya bahasa yang mudah dimengerti dan interaktif seperti halnya bercakap-cakap. Dengan demikian artikel Anda akan lebih bernyawa.

 4. Tanda baca dan ejaan

Tanda baca yang kacau dan ejaan yang sering keliru akan membuat Anda terkesan asal-asalan dalam menulis dan akhirnya akan menjatuhkan kualitas artikel Anda.

Selain itu, hal ini juga akan membingungkan pembaca. Jangan sepelekan tanda baca dan ejaan. Periksalah berulang-ulang artikel yang Anda tulis.

Karena banyak orang yang ketika membaca artikel yang bagus tapi ada sedikit kesalahan dalam ejaan bisa jadi akan mengurungkan 2 jempol yang udah terangakat untuk Anda dan seketika berbalik menjadi perasaan kecewa.

 5. Panjang artikel

Buatlah artikel yang pas. Tidak terlalu panjang dan jangan terlalu pendek. Usahakan pembaca selesai membaca dalam kurang dari 7 menit.  

Tapi jika pertimbangan Anda adalah untuk SEO atau upaya membuat blog Anda ranking halaman pencariannya bagus maka saran saya, panjang artikel Anda minimal harus 750 kata.

Dan untuk membuat pembaca Anda nyaman, aturlah alenia dan terapkan trik-trik kreatif agar artikel tidak terkesan berat dan membosankan.

Percayalah tidak banyak orang yang senang membaca. Bahkan ada sebagian orang yang sudah mual duluan ketika melihat tulisan atau paragraf panjang.

 6. Tekstur

Mungkin ini bagian yang paling sulit yaitu Anda harus tahu kapan waktu yang tepat dan dimana Anda harus menggunakan penekanan, membiarkan pembaca merasa nyaman, dibuat terkejut dan sebagainya.

Ini yang akan membuat artikel Anda berada diatas level rata-rata. Untuk berhasil melakukan ini, triknya sederhana yang bisa Anda terapkan adalah menempatkan diri Anda sendiri sebagai pembaca.

Dibagian mana  kira-kira Anda berharap mendapatkan kejutan, dimana Anda ingin mendapatkan pujian, atau kalimat ringan yang terkesan lucu dan unik didengar dan sebagainya maka penuhilah keinginan pembaca tersebut. Anda juga bisa memperkaya pengetahuan di bidang psikologis agar poin ini bisa Anda kuasai dengan sempurna.

 7. Ciri khas

Jika tujuan Anda adalah untuk dikenal maka percayalah identitas unik itu sangat penting.

Kenapa harus punya ciri khas?

Karena Anda bukan satu-satunya orang yang menulis artikel dengan tema yang Anda pilih.  Banyak penulis lain yang juga menulis dengan tema yang sama. Dan menjadi berbeda adalah satu-satunya cara agar lebih mudah terlihat dan mendapat perhatian ekstra.

Pembaca juga akan memiliki alasan kenapa mereka harus memilih artikel yang Anda tulis. Beberapa ciri khas yang bisa Anda pilih dalam artikel misalnya dengan memasukan semboyan tertentu yang dijadikan identitas Anda dalam setiap artikel, menyertakan pantun di setiap akhir atikel, dan sebagainya.

Oke, itulah 7 rahasia penting dalam penulisan artikel marketing. Semoga bermanfaat dan menginspirasi untuk kita, agar selalu berusaha lebih baik lagi dalam menulis. Salam sukses.

tanda tangan riyan putra