Semangat itu sifatnya tidak tetap, kadang bisa naik kadang juga turun. Padahal semangat atau mood ini juga menentukan kesuksesan bisnis online yang memang dikelola oleh pribadi sendiri (perorangan).

Berikut adalah tips agar semangat lebih stabil dan terjaga:

1. Tekad serius

Lagi-lagi tekad.

Ya, karena menurut saya hal yang membuat seseorang bertahan dalam sebuah bidang adalah karena orang tersebut memiliki tekad yang kuat.

Adapun yang membuat seseorang akhirnya bertekad atau berniat diantaranya adalah bisa karena memang hal tersebut disenanginya, ingin membuktikan sesuatu, mempunyai tujuan yang ingin dicapai, dll.

Nah dalam kasus ini, agar Anda memiliki tekad yang kuat, maka Anda harus meyakini bahwa bisnis online itu real adanya. Bisnis online bisa memberikan Anda kesenangan dalam bekerja, bisa memberikan kebebasan, bisa membuat Anda kaya dan memperoleh uang, bisa membuat Anda semakin kreatif dan pintar dan sebagainya.

Dengan mengetahui kelebihan bisnis online tersebut, diharapkan Anda akan mempunyai tekad yang kuat untuk menjalankan bisnis online.

2. Target

Hal berikutnya yang akan memacu Anda untuk tetap bekerja adalah target atau tujuan yang ingin dicapai.

Target yang baik adalah target yang memiliki detil deadline waktu yang pasti, angka yang jelas, list usaha yang detil. Buatlah target secara sederhana misalkan jika Anda seorang reseller atau affiliate marketer, Anda bisa membuat target seperti ini: 

“Dalam waktu satu bulan harus mendapatkan 20 penjualan hanya dengan menerapkan sosial media marketing” .

Dalam contoh tesebut Anda memiliki waktu deadline yang jelas yaitu satu bulan (30 hari), angka target yang jelas disini berupa 20 penjualan jika harga produk yang Anda jual Rp 100.000 maka artinya target penghasilan Anda dalam satu bulan adalah 20 x Rp100.000= Rp 2 Juta, lalu list usaha yang detil yaitu hanya menggunakan metode pemasaran sosial media marketing.

Dengan membuat target yang jelas seperti ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat karena semuanya jelas tergambar dipikiran Anda.

3. Jadwal harian

Agar semuanya dapat dijalankan dengan baik dan mudah, maka buatlah jadwal harian. Tuliskan tugas-tugas apa saja yang harus Anda lakukan, baik tugas rutin juga tugas tambahan.

Misalkan jika Anda mengelola sebuah blog, maka tugas rutin Anda katakanlah membuat satu artikel marketing per hari, jika Anda seroang reseller tugas rutin Anda misalnya berpromosi di forum, di iklan baris, di Facebook dan sebagainya.

Menjawab email, menyapa customer, menulis konten di Fanspage juga termasuk tugas harian. Tugas tambahan mungkin bisa berupa belajar materi tambahan tentang strategi bisnis online terbaru, update pemberitaan seputar internet marketing, menjalin kerja sama dengan sesama pembisnis online lain dan sebagainya.

4. Motivasi sukses

Motivasi itu sangat penting.

Anda bisa menjaga dan meningkatkan motivasi dengan cara mengidolakan seseorang yang sudah sukses lalu mengamati tindakan baiknya, membaca bacaan yang inspiratif, berkumpul dengan orang-orang yang positif, serta mendekatkan diri dengan sang pencipta lewat ibadah dan masih banyak lagi.

Motivasi tidak cukup hanya dilakukan sekali, tapi harus dilakukan secara rutin berkali-kali seperti sarapan pagi. Jangan biarkan semangat Anda jatuh terlalu dalam baru Anda mencari motivasi tapi lebih baik kelolalah semangat Anda agar stabil.

5. Refreshing

Meskipun Anda sangat bersemangat mengerjakan pekerjaan Anda, tapi jangan melupakan istirahat.

Tubuh dan otak Anda membutuhkan refresh. Lakukanlah hal-hal ringan yang Anda senangi diluar pekerjaan Anda, tontonlah hal-hal lucu yang membuat Anda tertawa dan santai yang dapat menghilangkan beban dari masalah-masalah yang Anda hadapi dalam pekerjaan.

Bekerja tanpa kenal waktu dan overload hanya akan menyiksa Anda dan menghancurkan karir bisnis Anda dalam jangka panjang. Jadi lakukanlah segalanya secara seimbang.

Semoga bermanfaat ya.

tanda tangan riyan putra