Musik berkaitan erat dengan video. Untuk membuat video yang powerfull membutuhkan musik yang pas dan berkualitas.

Satu hal yang juga tidak bisa disepelekan dalam memilih musik untuk video marketing adalah masalah legalitas karena video yang kita buat tentu  akhirnya akan disebarkan ke publik.

Beberapa cara untuk mendapatkan musik yang aman dan tidak akan menjadi sengketa di masa depan adalah sebagai berikut:

1# Rekaman

Jika Anda seorang musisi atau paling tidak menguasai alat musik, ada baiknya Anda merekam sendiri suara musik yang Anda hasilkan seperti suara gitar, piano, biola dan sebagainya untuk keperluan video yang akan Anda buat.

Selain memainkan alat musik dengan tangan Anda sendiri, sebaiknya nada yang Anda mainkan adalah nada yang Anda susun sendiri bukan merupakan lagu orang lain atau plagiat.

Sedikit repot tapi ini merpakan cara aman dan lebih original karena betul-betul melibatkan tangan dan pikiran Anda sendiri untuk membuat bunyi. Selain itu musik Anda akan lebih eklusif dan tidak pasaran.

2# Sewa Musisi

Punya kenalan seorang musisi atau pemain musik profesional juga bisa Anda manfaatkan untuk project video Anda. Mintalah mereka membuat aransemen musik secara khusus untuk video Anda.

Lebih serius lagi, Anda menghubungi manajemen musisi dan menyewa mereka untuk menciptakan musik secara eklusif untuk project Anda tentu saja dengan membayarkan sejumlah uang.

Hal ini juga yang dilakukan produk-produk besar dalam membuat jingle untuk digunakan dalam video iklan mereka.

3# Beli Lisensi PLR

Ini merupakan cara termudah dan termurah yang dapat Anda lakukan.

Jika kebutuhan musik untuk video Anda bukanlah musik eklusif atau jingle identitas produk Anda, maka Anda cukup menggunakan musik dengan lisensi PLR (Private Label Rights) yang dijual secara bebas di pasaran.

Anda bisa menggunakan musik berlisensi PLR untuk digunakan dalam seluruh project video Anda, Anda juga bisa mengedit atau memodifikasi bagian musiknya sesuka hati Anda dan yang luar biasanya lagi Anda diijinkan untuk menjual kembali musik tersebut kepada orang lain.

4# Download Gratis

Banyak situs yang menyediakan musik gratis untuk video hanya saja dengan lisensi yang berbeda-beda dan mungkin untuk sebagian orang akan sangat membingungkan.

 

Biasanya musik gratis dapat Anda pakai hanya untuk video non komersial. Selain itu Anda juga akan banyak menemukan intruksi yang cukup merepotkan seperti misalnya keharusan mencantumkan nama pencipta, menampikan judul lagu atau bahkan link situs penerbit.

Anda bisa menjelajah Google untuk menemukan situs-stus terbaik yang menyediakan musik secara gratis. Jika Anda benar-benar beruntung maka Anda akan menemukan situs yang memberikan musik 100% gratis dan bermanfaat untuk Anda tanpa harus merepotkan Anda sama sekali.

Itulah cara mendapatkan musik untuk video Anda. Semoga bermanfaat.