Ngeblog atau blogging bagaimanapun adalah kegiatan yang membutuhkan energi besar. Setidaknya ini berlaku jika tujuan Anda adalah serius untuk membangun bisnis jangka panjang dan menghasilkan uang serta bukan sekedar bersenang-senang.

Saya tidak bermaksud mematahkan semangat Anda atau menakut-nakuti dan sebagainya, tapi fakta ini saya rasa Anda perlu mengetahuinya.

1# Ada Biaya

Untuk membuat blog yang baik dan profesional membutuhkan uang.

Untuk apa? Bukankah membuat blog bisa yang gratisan?

Ya betul, di sinilah akan terlihat level jiwa bisnis seseorang. Anda tentu juga tahu bahwa di internet ada banyak hal yang bisa didapatkan dengan dua cara yaitu gratis dan berbayar. Semua orang juga pasti paham bahwa keduanya berkaitan erat dengan kualitas.

Bagi orang yang berjiwa bisnis, dan memiliki pandangan yang luas biasanya tidak mau buang-buang waktu dan tenaga untuk mencoba-coba hal gratis. Jika pun iya, pasti hanya sebentar.

Mereka akan langsung menginvestasikan uang menggunakan fasilitas berbayar. Misalnya dalam urusan hosting, domain, template blog, plugin, tools-tools untuk optimasi di mesin pencari dan sebagainya. Termasuk biaya internet memadai dan alat-alat pendukung seperti komputer.

2# Traffic = Uang

Blog sudah jadi, tapi jangan mengira tugas sudah selesai. Ini baru permulaan.

Traffic atau kunjungan tidak datang dengan sendirinya.

Membuat blog dengan desain yang baik untuk menarik perhatian saja belum cukup. Blog yang populer membutuhkan promosi yang gencar. Gunakan berbagai saluran promosi untuk mendapatkan pengunjung sebanyak-banyaknya.

Jumlah pengunjung sama dengan uang. Artinya, semakin banyak jumlah pengunjung maka akan semakin besar kemungkinan produk dan jasa yang Anda jual atau rekomendasikan akan menjangkau banyak orang yang membutuhkannya. Maka kemungkinan terjadinya penjualan akan semakin besar pula.

3# Konten adalah Segalanya

Untuk membuat pengunjung menggeludak setiap hari secara rutin bukan pekerjaan yang mudah tapi bukan juga sesuatu yang mustahil.

Anda bisa gunakan trik SEO atau promosi lain yang paling canggih tapi yang juga tidak boleh Anda lupakan adalah alasan setiap orang mau berkunjung ulang ke sebuah blog adalah karena manfaat. 

Manfaat bisa diberikan pemilik blog dalam bentuk informasi. Artinya blog harus memiliki konten berkualitas.

Dengan konten yang tidak ada duanya maka kesuksesan hanya masalah waktu. Cepat atau lambat blog Anda akan menjadi rujukan dan tujuan akses dari banyak orang. Jadi tugas terbesar Anda adalah membuat konten yang berkualitas.

4# Relasi Diperlukan

Untuk mempercepat kesuksesan sebuah blog yaitu populer dan memiliki banyak pengunjung maka Anda bisa menggunakan kekuatan dari relasi.

Ini akan menghemat banyak uang dan tenaga Anda untuk alokasi biaya promosi. Semakin banyak Anda mengenal blogger atau orang-orang yang ahli dalam internet marketing maka Anda akan semakin mudah menyebarkan informasi tentang keberadaan blog Anda.

Anda bisa menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan mereka. Dan tentu saja rekomendasi dari orang-orang profesional seperti mereka akan jauh lebih sakti dibandingkan Anda memaksakan diri membombardir meyakinkan setiap orang bahwa blog Anda berkualitas.

5# Konsisten itu Mahal

Dari semua ilmu blogging, menurut saya level tertinggi yang sedikit saja orang yang bisa menyentuhnya adalah konsistensi.

Untuk membuat sebuah blog sukses dan bertahan dalam waktu yang lama maka dibutuhkan kerja keras dan sikap konsisten.

Banyak orang yang bisa mendatangkan pengunjung hingga ribuan dalam awal-awal kemunculan blog tapi setelah itu statistiknya terjun bebas. Begitu juga dengan update konten dan sebagainya.

Untuk sebuah blog milik perusahaan mungkin hal ini tidak akan terjadi. Selama ada dana untuk membayar orang dalam mengelola blog maka blog akan tetap hidup. Tapi kalau blog personal seperti yang saya bahas disini, akan sangat bergantung dengan mood kita sebagai pengelola tunggal. Disini kualitas seorang blogger sejati diuji.

Itulah fakta-fakta yang menurut saya ada dalam dunia blogging. Semoga bermanfaat.

tanda tangan riyan putra