Memiliki atau menguasai seni dan keahlian dalam membuat video terutama untuk pemasaran, akan dapat memberikan Anda banyak keuntungan.

Tidak percaya?

Berikut adalah beberapa ide bisnis yang dapat Anda jalankan jika memiliki kemampuan membuat video marketing:

1# Gunakan untuk Meledakan Penjualan Produk yang Anda Jual Sendiri

Mulailah dengan berjualan sebuah produk. Bisa produk fisik bisa juga produk digital. Agar lebih serius Anda bisa membuat website khusus sebagai etalase untuk menampilkan produk Anda tersebut.

Ingat tidak selalu harus produk yang betul-betul milik Anda karena saat ini kita dimudahkan untuk dapat berjualan meskipun tidak memiliki produk sendiri.

Anda bisa menjuakan produk orang/perusahaan lain.

Jika Anda tidak ingin menyesal, sambil jualan Anda juga bisa sambil membangun list email atau data kontak yang lain dari para kosumen Anda. Percayalah Anda akan banyak diuntungkan di masa yang akan datang ketika memiliki list email yang banyak dan loyal.

Selanjutnya gunakan keahlian Anda dalam membuat video untuk mempromsikan produk Anda tersebut. Anda bisa membat video secara rutin dan menguploadnya ke youtube lalu menyebarkanya di situs sosial media. Adapun konten video bisa disesuaikan dengan strategi Anda.

2# Jasa Pembuatan Video Marketing

Ide selanjutnya adalah Anda dapat membuka jasa atau layanan pembuatan video marketing untuk orang-orang yang membutuhkannya.

Mulailah dengan membuat website khusus yang menampilkan secara lengkap megenai layanan Anda tersebut barulah datangkan sebanyak-banyaknya orang ke website Anda.

Kunci untuk sukses di bisnis jasa adalah kepercayaan dan jaminan kualitas. Salah satu solusinya adalah dengan menampilkan contoh video yang telah Anda buat dan testimoni atau review dari orang yang sudah menggunakan jasa Anda.

Berikan no kontak Anda secara lengkap agar mereka lebih mudah menghubungi Anda dan berkomunikasi mengenai video yang mereka inginkan.

Mengenai cara mendatangkan orang ke website Anda, tentu saja Anda bisa melalui iklan, atau bisa dengan cara langsung menghubungi orang-oran yang berpotensi membutuhkan jasa Anda.

3# Kursus Offline Membuat Video Marketing

Anda bisa membuka kursus khusus untuk menjadi ahli dalam membuat video marketing. Untuk memperluas pasar Anda tentu Anda harus rajin memberikan edukasi mengenai pentingnya video marketing, apa enaknya memiliki eahlian itu dan sebagainya.

Salah satu trik jitu agar banyak orang mau kursus kepada Anda adalah Anda menceritakan secara lengkap (studi kasus) bagaimana Anda menikmati keadaan Anda ahli membuat video marketing.

Salah satu yang bisa Anda tonjolkan adalah mengenai bagaimana Anda bisa menghasilkan uang dari keahlian tersebut, bagaimana keahlian Anda tersebut menolong banyak pekerjaan Anda,  membuat Anda terkenal, banyak dibutuhkan perusahaan bisnis dan lain seagainya.

Hanya saja untuk kusus offline, pesertaya mungkin didominasi oleh orang-orang yang tinggal tidak terlalu jauh dar tempat Anda.

4# Jual Video Panduan Membuat Video Marketing

Menjual produk informasi dalam bentuk video mengenai panduan ahli dalam membuat video marketing adalah ide yang juga menarik.

Dimana menjual produk informasi itu sangat enak karena hanya disibukan diawal tapi dapat menikmati hasilnya (penjualan) secar terus-menerus tanpabatas.

Potensi keuntungan dalam bentuk uang disni adalah unlimited dan Anda tidak akan dikenakan biaya produksi atau duplikasi dari produk Anda tersebut.

Caranya mulailah dengan membuat materi layaknya Anda mengadakan kursus hanya saja Anda membuatya dalam versi presentasi yang  direkam menjadi video.

Adapun untuk tipe videonya Anda bisa menampilkan wajah dan tubuh Anda lalu berbicara langsung dengan cara direkam menggunakan kamrea atau bisa juga membuat video tutorial dengan bantuan software perekam aktifitas layar dekstop.

5# Ikuti Kompetisi Berhadiah

Banyak sekali perusahaan atau instansi yang mempopulerkan brand mereka dengan cara membuat kompetisi pembuatan video kreatif seputar produk mereka.

Hadiah untuk sang juara juga biasanya cukup menggiurkan. Meskipun akan banyak saingan tapi mencoba adalah hal yang pasti dilakukan oleh seorang pemenang.

Biasanya mereka akan mencantumkan persyaratan lengkap dan aturan-aturan yang harus diikuti. Cukup melakukan pendaftaran dan buatlah video sebagus mungkin sesuai kriteria yang diinginkan panitia.

Berikut adalah contoh kompetisi video kreatif yang diadakan oleh Go-Jek :

 

Kompetisi Video

Itulah beberapa ide menghasilkan uang dari keahlian membuat video.

tanda tangan riyan putra