Pemasaran atau marketing adalah yang terpenting dalam bisnis Anda. Ada banyak cara membuat produk Anda dikenal luas di masyarakat, salah satunya dengan menggunakan video marketing.

Dalam sebuah website penjualan umumnya kita menemukan tulisan panjang yang mengulas seputar produk yang dijual. Selain tulisan tentu didukung juga dengan gambar-gambar yang menarik dan memang dibutuhkan.

Ada juga marketer yang menyertakan suara atau audio dalam web penjualan mereka. Dan yang juga akhir-akhir ini popular adalah video.

Di era video banyak marketer yang bukan hanya mengupload video pemasaran mereka ke situs penyimpanan video online tapi juga menyertakan video mereka di salespage.

Berikut adalah beberapa kelebihan video dibandingkan tulisan, gambar, dan suara saja:

A# Menarik Perhatian dan Bisa Dinikmati Seorang yang Sibuk

Tidak semua orang punya waktu khusus untuk melihat sebuah penawaran. Terlebih penawaran dalam bentuk tulisan yang panjang dan tebalnya berhalaman-halaman.

Lain halnya dengan video, dapat dengan mudahnya di play dan orang bisa tetap melakukan aktifitas normalnya (kecuali sedang menyetir kendaraan).

Sering kita saksikan orang menonton televisi sambil mengerjakan pekerjaanya tapi sebaliknya akan sangat repot sekali jika ada orang melakukan pekerjaan sambil membaca koran/buku bukan?

Itu adalah sedikit bukti bahwa video lebih unggul dari segi kemampuan menarik perhatian dan kemudahan untuk menikmatinya.

B# Menyederhanakan Kerumitan

Ada kalanya kita kesulitan menjelaskan sesuatu hanya dengan gambar dan tulisan, entah karena tahapan yang rumit atau karena keterbatasan tempat dan waktu dalam menjelaskan. Saat itulah video mengambil peranan.

Kasus nyata terjadi dalam blog tutorial wordpress yang saya miliki, biasanya saya pribadi juga cendrung malas membuat artikel disertai gambar screenshot yang diberi keterangan ini itu. Karena selain melelahkan dalam pembuatannya, artikel menjadi sangat panjang lalu akan tetap sulit dipahami oleh pengunjung (dan itu merugikan).

Oleh sebab itu saya lebih nyaman membuat video. Selain waktunya lebih cepat, orang juga lebih mudah memahami maksud dan arah panduannya.

Begitu juga dengan video marketing, dapat menjelaskan sesutu yang panjang hanya dengan hitungan detik tanpa merepotkan kita sebagai pembuat.

Jadi pada poin ini yang diuntungkan adalah kita sebagai pembuat dan mereka sebagai penikmat videonya. Luar biasa bukan?

C# Lebih Lengkap

Video merupakan perpaduan dari 3 alat komunikasi yaitu tulisan, gambar dan audio/suara dengan porsi yang disesuaikan.

Tulisan dapat merangsang ingatan seseorang akan hal-hal penting yang tidak cukup disampaikan dalam bentuk suara. Gambar atau animasi yang unik akan sangat berguna untuk mempertahankan antusiasme dan ketertarikan seseorang untuk tetap melihat penawaran sampai dengan selesai.

Sementara suara atau audio akan menyempurnakan suasana atau keadaan yang ingin diciptakan. Dengan racikan yang pas, audio akan membuat tampilan visual yang ada semakin menghipnotis. Bahkan suara musik, efek suara tertentu, dan suara narrator atau dubber, memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Dengan tersajinya 3 komponen penting komunikasi dalam satu kesatuan, tentu video lebih unggul menarik hati banyak orang dibandingkan hanya menampilkan 1 atau 2 diantaranya.

D# Memanjakan

Orang cendrung akan bosan dan malas membaca tulisan yang panjang atau gambar yang memiliki kemampuan terbatas dalam menjelaskan sesuatu.

Bahkan mendengarkan audio tanpa visual juga akan kurang menarik karena harus mempunyai mood yang baik untuk dapat membayangkan/berimajinasi sesuai harapan.

Kecendrungan orang lebih menyukai video adalah dibuktikan dengan tingginya angka penonton aktif televisi. Dan salah satu alasan kuat seseorang suka video adalah karena sangat memanjakan, tidak harus berfikir keras, menambah fokus dan konsentrasi hanya untuk memahami sesuatu.

E# Lebih Manusiawi

Dengan video Anda dapat menampilkan suara asli, wajah bahkan badan Anda secara penuh. Dengan seperti ini  Anda bisa menjadi lebih dekat dengan para konsumen Anda.

Dalam ilmu marketing, bersikap manusiawai terhadap pelanggan tentu sangat dibutuhkan dalam membangun kedekatan khusus jangka panjang.

Peralatan yang digunakan untuk pemasaran Anda mungkin sebagian melibatkan robot atau mesin tapi jangan lupa para pembeli produk Anda tetap manusia. Jadi menjaga hubungan baik layaknya manusia itu mutlak sangat penting.

E# Tidak Mahal dan Tidak Sulit

Di zaman semodern sekarang membuat video tidaklah rumit dan mahal. Cukup dengan perlengkapan sederana seperti video handphone atau software di komputer sudah cukup untuk membuat video yang berkualitas.

Dari segi keahlian yang dibutuhkan juga tidak terlalu menuntut orang yang cerdas dan jenius hanya untuk membuat video. Sebagaimana Anda tahu, untuk mengoperasikan kamera atau software dalam komputer hanya masalah kebiasaan.

Semakin banyak Anda praktek membuat video maka biasanya dengan sendirinya Anda akan semakin mahir dan kualitas video yang dihasilkan juga akan semakin baik.

Itulah beberapa kelebihan video yang menarik untuk direnungkan dan sekarang saatnya Anda membuat konten promosi dalam bentuk video agar tidak terlambat menikmati hasil pemasaran yang menakjubkan. Selamat mencoba.

tanda tangan riyan putra