Bisnis Online merupakan bidang usaha yang memiliki prospek cerah dimasa depan. Oleh karena itu saat ini semakin banyak saja orang yang terjun ke dalamnya sebab sukses bisnis online terbuka bagi siapapun yang serius menginginkannya. 

Berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh bisnis onlinelah yang menjadi titik utama yang membuat banyak orang tertarik menekuninya. Akan tetapi semuanya itu tidak semudah membalikan telapak tangan tapi juga tidak sesulit membalikan gunung.

Intinya bisnis online bisa dijalankan oleh siapapun tanpa memandang ijazah, usia, serta kelas sosial dan semua orang yang menjalankannya berpeluang sukses asalkan memilih dan mempelajari bisnis online secara serius dan tepat. 

Untuk seorang pemula yang baru mengenal bisnis online tentu akan kesulitan untuk langsung menjadi seorang  owner (pemilik) bisnis online mandiri. Salah satu pilihan yang bisa dipilih adalah dengan menjadi affiliate marketer atau reseller atau bisa disebut juga tenaga penjual.

Persamaan antara affiliate marketer dan reseller adalah sama-sama menjualkan produk orang lain.

Sedangkan perbedaan antara keduanya adalah affiliate marketer biasanya menjualkan produk orang lain tanpa harus bergabung menjadi member atau membeli barang yang akan dijual, sedangkan reseller mengharuskan seseorang membeli atau menjadi member terlebih dahulu.

Tentu saja keduanya tidak ada yang lebih buruk karena menjadi reseller memang mengharuskan membayar tapi mendapatkan produknya.

Beberapa keuntungan menjadi seorang affiliate marketer dan reseller adalah:

1. Tanggung Jawab Lebih Kecil

Menjadi seorang owner atau pemilik sebuah bisnis online mandiri memang secara penghasilan tentu saja lebih besar dibandingkan dengan mengikuti bisnis online oang lain. Tetapi hal itu juga diimbangi dengan persiapan yang tidak mudah serta tanggung jawab yang tidak kecil.

Seorang pemilik bisnis online bertanggungjawab kepada para member atau customernya atas keberlangsungan bisnis online tersebut dan kualitas produk yang dijual.

Berbeda halnya dengan seorang affiliate marketer atau reseller yang tentu saja memiliki tanggung jawab lebih kecil karena hanya berkonstrentasi pada masalah promosi.

2. Tidak Memerlukan Keahlian Tinggi

Untuk menjadi seorang affiliate marketer atau reseller tidaklah mengharuskan seseorang harus menguasai hal-hal teknis seperti cara membuat website, cara membuat produk informasi, desain, pemograman, dll.

Sedangkan menjadi seorang owner bisnis online dibutuhkan pengetahuan atau keahlian cukup dibidang bisnis online.

Meskipun pada prakteknya bisa saja seseorang membayar orang lain untuk meyelesaikan hal-hal teknis tetapi sedikit banyak seorang owner dituntut untuk mengetahui banyak hal.

Untuk seorang pemula, tentu saja dengan memilih menjadi affiliate marketer adalah lebih tepat karena umumnya seorang pemula masih harus belajar lebih banyak lagi.

3. Merupakan Media Belajar tapi Sekaligus Menghasilkan

Menjadi seorang affiliate marketer atau reseller adalah cara yang tepat untuk belajar lebih banyak tetang bisnis online dan mengasah kemampuan marketing, disamping itu tentu juga Anda tetap mendapat penghasilan.

Wow luar biasa, Anda belajar dan dibayar.

Gunakanlah kesempatan tersebut sebaik-baiknya, pelajarilah ilmu internet marketing sebanyak-banyaknya, dan jangan lupa untuk selalu mempraktekannya.

Jangan mudah frustasi hanya karena Anda belum menghasilkan penghasilan besar dari bisnis online, teruslah belajar. Cepat atau lambat Anda akan mahir.

4. Bisa Dijalankan Secara PartTime (Sambilan)

Seperti saya singgung dipoin pertama, menjadi seorang owner bisnis online mandiri memiliki tanggung jawab lebih besar dibandingkan dengan menjadi seorang affiliate marketer atau reseller.

Seorang pemilik bisnis online mandiri dituntut untuk selalu fokus pada bisnis online yang ia kelola demi menjamin kepuasan pelanggan dan memastikan sisitem berjalan dengan baik.

Hal ini akan sedikit sulit jika diposisikan sebagai sambilan atau dipadukan dengan pekerjaan lain. Jikapun bisa tetap saja hasilnya tidak akan maksimal.

Jika Anda masih memiliki pekerjaan utama di dunia offline, dan menempatkan bisnis online hanya sebagai sambilan, maka menjadi affiliate marketer atau reseller adalah pilihan yang tepat.

5. Sederhana

Banyak orang yang mudur dalam memulai usaha baik online maupun offline adalah karena mereka merasa proses penyediaan produk, mengelola stok, mengatur sistem, pengiriman produk ke konsumen dll, semuanya sangat rumit dan memusingkan.

Dengan menjadi affiliate marketer atau reseller maka hal-hal yang memusingkan tersebut tidak akan berlaku. Tugas seorang affiliate marketer dan reseller hanyalah berpromosi dan menghasilkan penjualan, setelah itu nikmatilah komisinya.

Oke, itulah sebagian kecil keuntungan menjadi affiliate marketer atau reseller. Jadilah seorang affiliate marketer atau reseller yang profesional dan ahli. Karena hanya dengan menjadi seorang affliate marketer atau reseller Anda bisa kaya dan tidak harus menjadi seorang owner bisnis.

Caranya kuasailah trik-trik marketing atau cara memasarkan produk sebanyak-banyaknya. Anda bisa belajar dari manapun dan yang terpenting adalah praktek, praktek dan praktek.

Semoga bermanfaat.

 tanda tangan riyan putra