Menjadi internet marketer atau pebisnis online bukanlah cita-cita saya sejak kecil.

Hanya saja karakter saya yang tidak suka diperintah maka membuat saya lebih nyaman menjalankan usaha sendiri dibandingkan menjadi seorang karyawan dan bekerja kepada orang lain.

Kemudian saya mempelajari banyak sekali bidang bisnis dari yang sederhana sampai yang rumit dan sangat rumit. Sampai akhirnya saya menemukan cara menghasilkan uang yang sederhana dengan menggunakan media internet.

Saya penasaran dan terus mempelajarinya. Uang pertama yang saya hasilkan dari berjualan online adalah saat saya iseng-iseng menjalankan bisnis online sebagai sambilan. Saat itu saya bekerja di sebuah kantor yang bergerak dalam penjualan produk elektrikal di Jakarta Barat.

Seiring berjalannya waktu, saya sangat mencintai pekerjaan online saya, sampai akhirnya saya memutuskan untuk fokus dalam dunia online dan tidak lagi bekerja kepada orang lain sebagai karyawan maupun menjalankan usaha sendiri secara offline.

Meskipun cerita sesungguhnya tidak sesingkat ini, tapi intinya pekerjaan online lebih menarik dan memberikan banyak kelebihan untuk saya.

Dalam artikel ini saya ingin share kepada Anda mengenai kebebasan-kebebasan yang membuat saya tertarik untuk fokus di dunia online:

1- Kebebasan finansial

Saya dapat mencukupi kebutuhan saya dengan baik, bahkan seringkali lebih baik dibandingkan dengan menjadi karyawan yang gajinya sudah ditakar perusahaan.

Di bisnis online, kesempatan untuk kaya terbuka lebar, karena ternyata berpenghasilan 100 juta per hari pun nyata bisa dilakukan dari bisnis ini. Luar biasa, ini yang membuat saya sangat tertantang untuk menghasilkan lebih banyak uang.

2- Kebebasan waktu

Salah satu yang saya tidak suka ketika menjadi karyawan adalah waktu saya terikat perusahaan. Saya tidak bisa leluasa melakukan banyak kegiatan di luar pekerjaan.

Sedangkan kita hidup, tentu saja membutuhkan banyak kegiatan agar hidup lebih berkualitas. Sungguh waktu yang dibatasi membuat saya tidak nyaman.

Dalam bisnis online, saya seringkali bekerja beberapa jam sehari dengan waktu kapanpun saya mau. Itu tergantung disiplin saya sendiri. Saya bisa liburan, kondangan, pacaran, bakti sosial, pengajian, nonton, apapun yang penting dilakukan.

3- Kebebasan lokasi

Dalam bisnis online saya tidak perlu tergesa-gesa menuju sebuah tempat baik itu pabrik atau kantor untuk bekerja.

Saya bisa bekerja dari kamar saya, dari balkon sambil minum teh, di hotel bintang 5, di dalam kereta, di kost-kostan teman, di cafe, dimanapun selama ada perangkat dan akses internet.

Wow, saya bisa mengontrol semua bisnis online saya dari gadget ketika berada dimanapun. Semakin majunya teknologi juga akan semakin memudahkan aktivitas saya.

4- Kebebasan aktivitas

Bisnis online itu luas. Bisa berjualan produk fisik, berjualan jasa atau keahlian, menjual produk digital, bahkan menjualkan produk orang lain. Bidangnya pun bervariasi dari mulai desain, produk kesehatan, software, sampai ikan lele.

Saya bisa memilih sesuka hati bidang yang menarik hati saya. Sementara ini saya tertarik menjual produk-produk informasi seperti ebook, video training dan sebagainya.

Tidak tertutup kemungkinan saya akan tertarik pada bidang yang lain, tunggu waktu saja, tidak ada yang melarang saya.

5- Kebebasan gaya

Contoh yang sederhana adalah masalah rambut. Tidak banyak perusahaan yang memberi kebebasan pada karyawan laki-lakinya untuk memanjangkan rambut. Begitu juga dengan pakaian.

Apakah mungkin seorang karyawan bisa bebas bekerja dengan menggunakan kaos dalam, kolor, piyama, dan sebagainya? Pasti penampilan dituntut rapi dan sopan.

Saya adalah orang yang benci penampilan monoton. Saya bisa berpenampilan rapi, tapi sekali waktu saya juga senang berpenampilan urakan. Nah di bisnis online ini saya menemukan kebebasan itu.

Itulah 5 kelebihan menjadi pebisnis online yang saya rasakan. Anda sendiri, punya pandangan lain?

tanda tangan riyan putra