Musik dalam sebuah video mempunyai peranan yang sangat penting sama halnya seperti film yang juga mengakui peran dari soundtrack dan backsound.

Video atau film tidak akan menarik tanpa melibatkan unsur musik ke dalamnya. Pilihan dan porsi musik yang pas dalam video akan membuat video tampil sempurna.

Berikut adalah beberapa peran penting dari musik dalam sebuah video:

1# Menunjukan Brand dan Identitas

Jika produk Anda memiliki jingle khusus berupa lagu pendek maka musik dalam tampilan video ini berfungsi sebagai identitas dan pengingat merek atau brand.

Contohnya beberapa produk besar membuat video iklan di TV dengan menggunakan lagu jingle yang dibuat khusus dan dinyanyikan oleh seorang penyanyi. Biasanya meskipun video iklannya berbeda tapi musik dan lagu jinglenya tetap sama.

Contoh lain yang lebih sederhana Anda menambahkan intro video (video pembuka) yang menampilkan bentuk animasi logo dan sound yang khas di setiap video yang Anda buat, itu merupakan cara untuk memberikan identitas dan memperkuat ingatan penonton tentang brand Anda.

2# Memberi Kesan atau Makna

Menggambarkan Sebuah Perasaan Tertentu

Sebuah video yang sama diberi dua musik backsound yang berbeda maka arti video pun bisa jadi berbeda. Itulah fungsi musik yang sangat luar biasa yaitu dapat memberi kesan dan makna video.

Dalam sebuah film atau video motivasi Anda akan menemukan bahwa musik mempunyai kekuatan yang hebat yatu dapat dengan mudahnya membawa Anda pada perasaan tertentu.

Musik yang digunakan untuk membangkitkan semangat akan berbeda dengan musik yang digunakan untuk meluluhkkan hati seseorang dan merasakan iba serta kasihan. Begitu juga dengan yang lainnya.

Ini artinya musik yang dirancang dengan baik dalam sebuah video bisa dijadikan senjata ampuh untuk mempengaruhi atau mengendalikan perasaan seseorang sesuai dengan tujuan si pembuat video.

Mendukung Tampilan Visual

Musik atau efek audio tertentu dapat mendukung tampilan visual dan memberikan sebuah nyawa sehingga video menjadi hidup.

Apa jadinya jika tampilan visual dalam video berupa ledakan bom tapi untuk bagian efek audionya dihilangkan atau diganti dengan suara kentongan? Tentu menjadi tidak sempurna dan sangat aneh.

Begitu juga dengan efek-efek suara tertentu yang dihilangkan ketika seharusnya ada maka akan cukup mengganggu kesempurnaan video.

Ini artinya musik atau audio efek sangat berperan besar dalam mendukung sebuah tampilan atau adegan dalam video.

3# Mengalihkan Perhatian

Menyiasati Kebosanan Penonton dengan Video tanpa Suara Pemandu

Banyak video tutorial yang seharusnya menampilkan gambar visual disertai suara pemandu tapi hanya menampilkan video sisertai tulisan di notepad.

Alasan pembuat video tutorial tidak menyertakan suara pemandu memang beranekaragam, salah karena tidak memiliki microphone atau bisa juga karena merasa tidak percaya diri dengan suaranya sendiri.

Tampilan video tutorial tanpa suara pemandu seperti ini cendrung membosankan karena penonton harus menunggu pemandu menyelesaikan ketikan kalimat per kalimat panduannya.

Selain itu durasi video akan lebih lama dan celakanya video semacam ini menuntut penonton ekstra konsentrasi untuk memahami isi video. Hal ini karena semua panduan atau intruksi berupa tulisan yang diketik manual dan dadakan (meskipun ada juga yang lebih baik yaitu menampilkan tulisan keterangan yang sudah disiapkan sebelumnya).

Untuk menyiasati kebosanan ini biasanya pembuat video memasukan sebuah musik ke dalam videonya. Hasilnya video lebih nyaman untuk dinikmati karena durasi yang panjang dan membosankan sedikit terbuang.

Menutupi Ketidaksempurnaan Audio Asli dari Video

Musik dapat juga berfungsi untuk mengalihkan perhatian penonton. Contohnya adalah untuk menutupi ketidaksempurnaan audio asli.

Audio asli dari video tidak selamanya sesuai harapan. Adakalanya cacat dan mengecewakan. Suara bising yang ikut terekam, suara terlalu kecil bahkan nyaris hilang, suara putus-putus dan tidak karuan dan sebagainya.

Jika visual adegan dalam video terlalu penting untuk dibuang tapi tidak mungkin untuk diambil ulang maka salah satu solusinya adalah dengan menambahkan musik pada track audio agar audio asli tertutup atau tersamarkan.

Itulah 5 peran penting musik dalam sebuah video.  Apakah Anda sudah memanfaatkan musik untuk menyelesaikan salah satu masalah Anda dalam video?

tanda tangan riyan putra