Mulai Membuat & Menjual Produk Digital Paling Sederhana

Masih ingat dengan status Facebook saya yang ini?

Dari pada berdarah-darah perang harga dengan pesaing ada baiknya Anda jualan produk yang “eklusif” dan profitnya 100% masuk kantong Anda. Selain itu besarnya harga produk juga Anda yang tentukan sendiri.
Dari pada bantuin orang terus kenapa gak mulai bangun kerajaan bisnis sendiri?

Sebelum saya membuang waktu Anda terlalu banyak maka saya akan ingatkan bahwa tulisan ini bukan untuk Anda yang sudah jualan produk digital sendiri dan sukses.


Jangan mikir aneh-aneh ya.

Jualan produk ‘eklusif’ (hanya Anda yang punya) dengan kebebasan menentukan harga dan besaran diskon lalu profit 100% masuk kantong yang saya maksud disini adalah menjual produk digital Anda sendiri. Oke kita mulai pelan-pelan.

Membantu menjualkan produk orang lain memang lebih sederhana. Gak perlu ba-bi-bu terlalu lama asal punya audience banyak langsung aja promosi. Kalau gak ada yang salah maka dapat sales dan komisi dengan sangat cepat adalah hal yang biasa. Ini sudah saya alami jadi bukan omong kosong.

Itu berlaku baik untuk jualan produk fisik (dropshipper) atau jualan produk digital (affiliate) bahkan juga MLM. Ini kita bisa berkerjasama langsung dengan pemilik produk (perorangan) atau bisa juga melalui perantara marketplace (perusahaan).

Faktanya walaupun banyak sekali kelebihan dari model bisnis ini tapi bukan berarti tidak ada kekurangannya.

Salah satu kekurangannya adalah ketika persaingan makin ketat dimana yang promosi produk tersebut bukan cuma kita maka kita dituntut harus putar otak agar bisa terus ada sales.

Beberapa caranya misalnya dengan memberi cashback atau menambah bonus dan lain sebagainya. Hal ini karena kita tidak punya kendali mengubah harga dan tidak bisa menentkan scarcity atau kelangkaan baik secara kuantitas maupun waktu.

Berbeda jika kita memiliki bisnis sendiri (menjual produk sendiri) dimana punya kendali penuh menetapkan harga dan memberikan besaran diskon bahkan memutuskan kapan membuka dan menutup penjualan. Ini akan mempermudah strategi jualan kita pastinya.

Yang luar biasanya lagi ketika kita jualan produk sendiri bisa membangun tim affiliate atau reseller. Ini adalah salah satu faktor kali yang terbukti dilakukan oleh orang sukses dan kaya. Anda tinggal tunggu waktu aja deh.

Memang semuanya tidak terjadi begitu saja seperti sulap melainkan harus dibangun pelan-pelan. Tapi kalau tidak memulai dari sekarang maka selamanya tidak akan pernah memanen hasilnya.

Jalan tengah

Jika saat ini penghasilan utama kita dari komisi affiliate atau dropship dan MLM maka solusinya adalah pelan-pelan membangun bisnis sendiri tanpa meninggalkan bisnis affiliate atau dropship dan MLM tersebut. Setidaknya sampai bisnis kita besar dan sistemnya terbangun dengan baik dan stabil.

Membangun bisnis sendiri atau dalam pembahasan ini adalah jualan produk sendiri itu bisa produk fisik bisa juga digital.

Produk fisik memang membutuhkan modal yang besar kalau mau produksi sendiri dan melakukan stok dalam jumlah banyak. Seperti yang saya lakukan memproduksi kemeja dan berbagai jenis pakaian lainnya lalu menjualnya secara offline maupun online juga menelan modal yang lumayan besar.

Kalau Anda terkendala modal ada baiknya memilih opsi kedua yaitu produk digital.

Kenapa produk digital? Karena ini terjangkau dari segi modal awalnya dan luar biasanya profitnya lebih besar bahkan unlimited dalam jangka panjang.

Banyak sekali kelebihan lain yang pastinya Anda juga sudah tahu seperti tidak ada biaya produksi ulang (copy paste) kemudian tidak ada biaya pengiriman dan masih banyak lagi. Jadi sangat ideal kalau dilihat dari segi bisnisnya.

Mulai dari mana?

Selama ini mungkin Anda terlanjur mengira bahwa membuat produk digital itu  sulit dan rumit. Padahal semua kesulitan bisa dipelajari dan ditaklukan. Bagi orang yang konsisten maka akan ada waktunya semua menjadi mudah.

Bukankah Anda juga setuju bahwa semua mastah atau master juga memulainya dari nol? Kesulitan juga ada tahapan-tahapannya jadi cukup mulai dari yang sederhana aja.

Beberapa produk digital yang bisa dibuat adalah:

  • theme atau template website
  • plugin
  • graphics
  • video tutorial
  • software webased
  • aplikasi
  • ebook
  • extension

Produk digital yang paling sederhana adalah ebook. Saya yakin Anda bisa membuatnya. Hanya saja Anda harus membuat ebook yang premium dan berkualitas agar layak jual dan laris di pasaran.

Sekarang setelah ada marketplace lokal seperti ratakan dan idaff Anda bisa hanya membuat ebook lalu sisanya seperti cover lalu website atau salespagenya dan bahkan kegiatan promosinya dilakukan oleh marketplace (ratakan) walaupun jika Anda memilih paket ini tidaklah gratis tapi biayanya sangat terjangkau.

Nah sebelum terlalu pusing dengan hal teknis ada baiknya Anda tonton video cara menentukan Topik Ebook yang Laku untuk Dijual dulu.

tanda tangan riyan putra

7 Comments

  1. Bagus sy tertarik, trus mana lanjutannya? Tdnya sy tertarik membuat ebook : Panduan tentang Wisata Pantai. Itu bgmn ya, msk kategori mana?

  2. Minta info lengkapnya mas, saya cukup tertarik

  3. Twrtarik mas boleh mail saya?

  4. Mantep.. nambah ilmu lagi aku..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*