Konten blog di Indonesia secara umum adalah artikel. Tapi salahkah jika Anda membuat blog dengan konten video?

Tentu saja tidak bahkan lebih menarik dari segi peluangnya.

Video marketing dibuat dengan tujuan akhir mampu meningkatkan penjualan produk. Untuk mencapai hal tersebut harus menggunakan strategi yang tepat.

Salah satu strategi dari video marketing adalah menerbitkannya di blog dan di atur sedemikian rupa agar video-video tersebut dapat dinikmati oleh orang yang tepat dan selanjutnya melewati tahapan yang sudah dirancang.

1# FASE NOL (Awareness)

Tujuan pada fase ini adalah membuat orang yang awalnya tidak familiar dengan Anda menyadari keberadaan Anda.

Salah satu srateginya adalah dengan membuat video yang “nyeleneh” untuk menarik perhatian seketika. Nyeleneh di sini bukan ngawur tapi membuat video dengan tampilan yang tidak biasa. Tentu saja artinya Anda harus membuat video berlipat-lipat di atas kualitas rata-rata.

Poin yang juga penting adalah buat mereka sependapat dengan isi video Anda.

Ungkapkan mengenai fakta-fakta yang tidak bisa mereka bantah lalu buat mereka resah dengan masalah yang mereka miliki. Ceritakan bagaimana bahayanya, bukti nyata dari orang lain atau bahkan Anda sendiri yang mengalaminya dan sebagainya.

Hindari memberikan edukasi berlebihan pada fase ini. Ingat Anda masih orang asing untuk mereka! Anda hanya perlu meyakinkan Anda orang yang tahu banyak tentang masalah tersebut dan mereka perlu mengenal Anda lebih jauh.

Menariknya di fase ini adalah bobot isi video Anda jangan terlalu berat tapi sebetulnya tugas video Anda yaitu membangun kepercayaan di level awal bukanlah tugas yang ringan.

2# FASE 50 (Evaluation)

Video ini Anda tunjukan untuk orang-orang yang lolos fase sebelumnya, artinya mereka sudah tertarik dengan pembahasan awal Anda. Oleh sebab itu video untuk fase ini harus betul-betul memuaskan mereka.

Keluarkan semua kemampuan dan pengetahuan Anda untuk mengupas masalah yang Anda angkat secara lebih dalam. Pembahasan yang lebih detil dan memuaskan mereka.

Untuk menguji keseriusan mereka Anda juga bisa membuat konten video khusus yang untuk mengaksesnya mereka perlu memasukan data kontak mereka seperti email, nomor telepon atau sebagainya.

Dengan begini Anda memiliki list orang-rang yang betul-betul Anda cari dan mereka pun bisa jadi sudah lama mencari Anda. Bukankan ini keadaan yang menakjubkan dalam dunia bisnis?

List orang-orang ini akan Anda butuhkan untuk mensukseskan tujuan Anda pada fase berikutnya.

3# FASE 100 (Purchase)

Fase ini adalah fase dimana Anda harus mengeksekusi orang-orang dalam list Anda dengan sebuah penawaran khusus.

Dengan benefit yang luar biasa, copy writing yang tepat serta hubungan baik yang sudah terbangun sejak awal, akan membuat Anda lebih mudah untuk menghasilkan penjualan.

Video ini sebaiknya Anda tampilkan di halaman khusus yang tidak bisa di akses oleh orang yang masih ada di fase sebelumnya. Berikan link menuju halaman video ini Anda berikan secara personal melalui kontak yang mereka berikan sebelumya (melalui email/sms).

Dengan begini hanya orang yang sudah siap saja yang akan melihat penawaran Anda. Jadi alurnya akan tetap sesuai rencana Anda.

tanda tangan riyan putra